KAPANLAGI NETWORK
MORE
TANYA
  1. HOME
  2. KESEHATAN
  • Tes Keperawanan Pada Perempuan, Valid Atau Nggak Sih?
    Dewi Ratna Last Update 28 Nov 2017

    Nggak cuma di Indonesia, di beberapa negara lain juga ternyata ada yang mengharuskan tes keperawanan dalam beberapa kasus, misalnya saat perempuan di suatu desa di Maroko akan menikah. Berbagai metode tes dipakai, dan yang paling unik adalah tes dengan memecahkan telur dan memasukkannya ke dalam vagina si perempuan. Kok bisa? Baca dulu deh di sini: https://www.vemale.com/lentera/109641-menyoal-mitos-keperawanan-dan-kaitannya-dengan-kekerasan-perempuan.html Nah, yang jadi pertanyaan, apakah tes tersebut valid? Apakah mereka yang selaput daranya tidak robek atau vaginanya sempit itu bisa dipastikan masih perawan? Dan apakah tes keperawanan ini relevan dengan apa yang akan mereka jalani, misal jika seorang perempuan ingin menjadi seorang anggota polisi. Bukankah yang bekerja nantinya adalah otak dan tenaga? Apa pengaruhnya jika dia tak lagi perawan? Gimana menurut teman-teman?

  • Aku Dan Depresi
    Petrika Putri Last Update 08 Nov 2018

    Aku sangat bingung untuk menghadapi apa yang aku alami. Pasalnya, aku bukan orang yang bisa dengan mudah menuturkan suatu perkara tetutama pada orangtuaku. Bagaimana cara memberitahu mereka tentang depresiku? Aku tidak yakin mereka akan paham mengenai apa itu depresi yang kumaksud. Aku takut mereka malah hanya menganggap ini hanya sesaat, tidak perlu dipikirkan. Itu bukan jawaban yang aku mau. Tapi semakin lama dipendam, aku malah semakin ngawur.

  • Bagaimana Mengecilkan Berat Badan Padahal Segala Cara Sudah Saya Coba?
    Aish Yaningtyas Setia Xiaomay Last Update 02 Mei 2018

    Kenapa saat bahagia berat badan saya bisa naik dgn cepat, padahal makan saya seperti biasa. Bahkan sekarang naik hampir 10 kg dan sangat susah untuk mengembalikan ke semula. Bnyak minum air,makan buah & olahraga sudah saya coba. Tapi hasilnya masih sama.  Apakah saya hrs bersedih lagi agar kembali sedia kala?  😂

    JAWAB
  • Mau Diet Tanpa Olahraga
    Raline Nurrahma Last Update 24 Mar 2017

    Gimana ya sist caranya diet tapi nggak usah olahraga yang berat berat gitu. Please help.

    JAWAB
  • Share Diet Tanpa Olahraga
    Nur Rohmah Fauziah Last Update 06 Feb 2017

    Sis, aku sudah mencoba berbagai macam diet nih seperti. minggu lalau, aku skip makan nasi di pagi hari dan malam hari, siang baru makan nasi. tapi sekilopun tak mau turun. sementara temanku skip nasi, dalam seminggu bisa turun 1-2 kg. aku juga rutin minum perasan jeruk nipis tiap pagi, tapi ya tetapn ga ada hasilnya. kira2 diet apa yang ga nyiksa tapi ada hasilnya ya? oh ya, jangan olahraga ya, aku males gerak...hihihi

    JAWAB
  • Manfaat Dibalik Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Agar Anak Tumbuh Tinggi
    Kinari Gharenesia Last Update 05 Nov 2018

    Apa betul, makanan yang baik untuk ibu hamil dapat mempengaruhi tinggi badan anaknya kelak? Sebelumnya, ada yang perlu diketahui, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang pada anak. Baik itu, otak maupun fisik. Namun demikian, nutrisi yang cukup pada ibu hamil, mampu memaksimalkan tumbuh kembang janin, agar terlahir dengan sehat tanpa kekurangan satu apapun. Hal yang perlu diingat adalah, apapun yang diasup ibu saat masa kehamilan, akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. untuk itu, para ahli, baik dokter kandungan, maupun bidan, sangat menganjurkan para ibu, untuk mengkonsumsi banyak-banyak buah dan sayuran. Disamping itu, juga ada susu dan tambahan suplemen yang diberikan. Hal ini, selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, juga untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan. Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan Dari sekian banyak nutrisi yang terdapat pada bahan pangan yang dikonsumsi setiap hari, ada beberapa kandungan gizi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Seperti asam folat, kalsium dan zat besi. Lalu, apa sih fungsinya untuk ibu dan janin? Asam Folat Sudah bukan rahasia lagi, bahwa manfaat asam folat sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin, baik fisik maupun otak nya. Memenuhi kebutuhan asam folat dapat mencegah kecacatan pada bayi. Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang sangat penting untuk mencegah cacat pada otak dan tulang belakang bayi. Atau, secara medis, biasa dikenal dengan cacat tabung syaraf. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil setiap harinya adalah 600 mikrogram. Sedangkan beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat seperti alpukat, jeruk, ikan salmon, dan susu. Sayangnya, hanya mengkonsumsi makanan tersebut saja belum cukup untuk mencukupi kebutuhan akan asam folat harian. Sehingga, ibu hamil pasti akan diberikan ssuplemen tambahan yang berisi kandungan asam folat. Asam folat juga dapat diasup sejak merencanakan kehamilan. Pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan, kandungan asam folat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah 400 mikrogram. Nah, untuk memenuhinya, Anda dapat mengkonsumsi beberapa produk susu yang khusus untuk persiapan kehamilan, disamping mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi.   Kalsium Bagi ibu hamil, membutuhkan kalsium sebanyak 100 mg setiap harinya. Kalsium merupakan mineral penting yang berfungsi untuk menunjang dan menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Juga sebagai bekal tumbuh kembang tulang janin kelak. Apabila kebutuhan kalisum harian tersebut tak terpenuhi, secara otomatis, janin akan menyerap kalsium simpanan ibu, dari tulang belakang. Tak heran, wanita memang sangat rentan terhadap osteoporosis. Untuk itu, asupan makanan yang mengandung kalsium sangat penting, apalagi untuk tinggi badan anak kelak. Selain kalsium, ada magnesium dan vitamin D yang juga sangat penting untuk tulang dan gigi. Dan semua itu dapat diperoleh dari susu, keju, yogurt, ikan salmon dan sarden, serta beberapa sayuran hijau.   Zat Besi Kebutuhan akan zat besi untuk ibu hamil sebesar dua kali lipat dari kebutuhan zat besi harian pada umumnya. Jadi, pada ibu hamil, wajib memenuhi zat besi sebanyak 27 mg dalam sehari. Kurangnya asupan zat besi, dapat menyebabkan anemia dan infeksi lho. gejala awalnya seperti pusing, lemah dan cepat lelah. Zat besi sangat penting untuk menjaga asupan oksigen ke otak. Beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging merah, daging ayam, ikan, dan kacang kering. Beberapa sereal juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. sehingga dapat menjadi salah satu alternatif selingan menu harian.   Protein Tak sulit untuk menemukan makanan untuk ibu hamil yang mengandung protein. Nutrisi ini tergolong sangat mudah ditemui disetiap bahan pangan harian. Seperti telur, tahu, tempe, daging merah, daging ayam, sereal, dan masih banyak lagi. Manfaatnya protein di masa kehamilang memang tak terbantahkan. Salah satu fungsi terbesarnya adalah untuk mendukung pertumbuhan organ vital pada janin. seperti, jantung, otak dan paru-paru.   Faktor Penunjang Tumbuh Kembang Anak Ada dua faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Yaitu, faktor keturunan dan lingkungan. Seberapa penting dan seberapa besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin, hingga lahir dan tumbuh menjadi dewasa kelak? Faktor Keturunan Faktor keturunan adalah genetis yang dibawa dari gen ayah dan gen ibu. Tak dapat dipungkiri, ini merupakan faktor yang tak dapat di ganggu gugat. Sebagai contoh, apabila ayah atau ibunya cerdas, kemungkinan besar anaknya juga akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Begitu pun secara fisik, ketika ayah atau ibu memiliki tubuh yang pendek, bukan tak mungkin anaknya akan memiliki bentuk tubuh yang memiliki pola yang sama. Bahkan sebuah penelitian dari Qufts University menyebutkan bahwa  sekitar 60% tinggi badan anak  ditentukan oleh faktor keturunan, dan sisanya dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan.   Faktor Lingkungan Ada banyak hal yang meliputi faktor lingkungan. Seperti nutrisi, olahraga, dan waktu istirahat. Untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan otak anak, dapat didorong dengan pemenuhan nutris diawal masa kehidupannya.   Anak yang mendapatkan suport nutrisi yang baik di awal masa tumbuh kembangnya, yakni sejak masih ada didalam kandungan hingga ia berusia 3 tahun, akan memiliki chance besar untuk lebih baik dari orang tuanya. Baik dari segi kecerdasan, maupun pertumbuhan fisiknya. Selain itu, olahraga atau aktifitas fisik dan kualitas tidur yang baik merupakan hal lain yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan anak menjadi optimal.   Rahasia Agar Anak Dapat Tumbuh Tinggi   Asupan makanan yang baik untuk ibu hamil merupakan salah satu rahasia untuk memiliki anak yang tinggi. seperti kalsium, Vitamin D, Magnesium, dan Zat besi. Kemudian, dimasa tumbuh kembang anak, biasakan anak untuk melakukan aktifitas fisik dan memiliki kualitas tidur yang baik. Karena, hormon pertumbuhan bekerja secara optimal ketika anak tidur dan beraktifitas.  

  • Sudah Berapa Bulan Usia Kandungan Bunda Saat Ini?
    Coba Loba Last Update 26 Okt 2018

    Usia kehamilan kenyataannya bisa diketahui secara pasti, bunda bisa menggunakan cara menghitung usia kehamilan dengan mudah. Dengan perhitungan ini, setidaknya bunda bisa mendapatkan banyak manfaat. Khususnya untuk memonitor perkembangan janin di dalam rahim bunda. Memonitor kesehatan janin harusnya sering dilakukan. Gunanya adalah untuk menjaga perkembangannya di dalam rahim. Ketika perkembangannya sempurna, bunda bisa merasa lebih lega. Berbeda jika tidak, bunda tentunya harus berupaya keras untuk mengatasinya. Misalnya dengan konsumsi makanan ibu hamil yang tepat, sampai melakukan pengobatan di dokter kandungan. Dan perkembangan janin ini bisa dikenali sesuai usia kandungannya. Untuk itulah, bunda diharapkan bisa menghitung sendiri di rumah. Bedanya Perhitungan Orang Awam Dan Dokter Cara menghitung usia kandungan yang dilakukan oleh orang awam dan dokter itu berbeda. Dan kebanyakan, orang awam akan meleset perhitungannya dibandingkan perhitungan dokter. Masalah utamanya berasal dari rumus perhitungan yang digunakan. Orang awam lebih mengandalkan hitungan bulan. Sementara dokter akan menghitungnya berdasarkan usia mingguan. Dari perhitungan ini, didapati hasil yang berbeda. Ketika bunda menghitung dengan cara bulanan, bunda akan mengalami kesulitan dalam menentukan perkembangan janin. Begitu pula dalam menentukan kapan waktu melakukan persalinan. Ada kelemahan dalam perhitungan tersebut. Jadinya, bunda kadang salah memperkirakan. Misalnya saat waktunya bersalin, bunda tidak tahu pasti harinya. Bahkan tidak tahu apakah si kecil lahir secara premature atau tidak. Berbeda jika menggunakan hitungan mingguan, bunda akan tahu secara pasti. Karena normalnya, perasalinan sempurna ada di kisaran 40 mingguan. Ketika bunda melakukan persalinan di bawah 40 mingguan, sudah dipastikan si kecil lahir secara premature. Sebaliknya jika lebih dari itu, bunda mengalami keterlambatan dalam persalinan. Bisa jadi ini dialami oleh bunda yang punya riwayat keluarga mengalami keterlambatan dalam persalinan, atau sedang mengandung anak lelaki. Seberapa Penting Menghitung Usia Kehamilan? Bagi yang hidup di pedesaan, tentu usia kehamilan ini agaknya terabaikan. Asalkan janin mengalami perkembangan di tiap minggunya, bunda sudah sangat mensyukurinya. Apalagi setelah melihat kelahiran si kecil ke dunia. Masalahnya, tidak semua anak dilahirkan dalam waktu yang tepat. Ini bisa jadi berasal dari pola hidup yang dijalani bunda selama masa kehamilan. Tentunya, mengatur pola makan dan hidup di usia kehamilan tertentu akan berbeda dari sebelumnya. Misalnya adanya peningkatan konsumsian makanan saat menginjak usia kehamilan yang menua. Kadang ini sudah diperkirakan oleh bunda. Hanya saja kurang pas jika tidak mengetahui usianya. Padahal jika perkembangan janin ini dikenali setiap saat, bunda akan lebih mudah dalam menjaganya. Intinya, cara menghitung usia kehamilan ini penting untuk mengetahui perkembangan janin sesuai usianya. Dari perkembangan yang terlihat, bunda bisa melakukan banyak hal demi menjaganya. Entah itu melakukan olahraga, sampai menambah asupan makanan bilamana dibutuhkan. Alternatif Untuk Menghitung Usia Kandungan Cukup banyak cara yang bisa bunda gunakan untuk mengetahui usia kandungan. Mulai dari cara yang njilmet, sampai cara yang paling sederhana. Tentunya, cara-cara yang ditunjukkan memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Menggunakan rumus Naegele Bunda bisa mengetahui secara pasti tentang usia kehamilan menggunakan rumus Naegele. Rumus ini paling banyak digunakan di masyarakat. Bisa dilakukan sendiri oleh bunda di rumah. Yang diperlukan adalah mengetahui hari pertama haid terakhir. Setelah itu baru menggunakan rumusnya. Selain itu, pastikan jika bunda mengalami menstruasi yang stabil. Kisaran durasi menstruasinya adalah di 28 hari setiap saat. Jika tidak, hasilnya akan meleset. Menggunakan rumus Farikh Rumus lain yang bisa bunda gunakan adalah rumus Farikh. Perhitungannya juga hampir mirip dengan rumus pertama. Hanya saja, bunda yang menggunakannya berbeda. Rumus ini hanya berlaku pada bunda yang memiliki durasi menstruasi tidak stabil. Misalnya memiliki durasi di bawah 28 hari, atau lebih dari 28 hari. Ketika durasinya hanya 28 hari setiap waktu, rumus Farikh tidak berlaku. Jika digunakan, hasilnya juga akan meleset. Menggunakan kalkulator kehamilan online Mengitung usia kehamilan agaknya sangat mudah jika menggunakan kalkulator kehamilan. Kalkulator ini juga dikenal dengan sebutan kalkulator menstruasi. Kalkulator ini memberikan gambaran pasti tentang berapa usia kehamilan bunda. Bunda hanya perlu mengingat HPHT (hari pertama haid terakhir), serta durasi menstruasi selama ini. Kemudian, carilah aplikasi di internet tentang kalkulator tersebut. Silahkan masukkan data yang dibutuhkan, setelah itu tekan perhitungannya. Beberapa detik kemudian, bunda akan mengetahui secara langsung usia kehamilan sampai kapan si kecil akan dilahirkan. Menariknya aplikasi ini, bunda juga akan mengetahui masa subur. Masa subur menjadi masa terbaik untuk berhubungan intim dengan pasangan. Karena masa ini adalah masa yang pas untuk melakukan pembuahan. Yang artinya, bunda akan mudah hamil jika berhubungan badan di masa tersebut. Yang lebih menarik, bunda juga akan mengetahui kira-kira jenis kelamin si kecil yang akan dilahirkan. Khususnya bila melakukan hubungan intim di waktu yang ditunjukkan dalam hasil kalkulator tersebut. Menggunakan USG Cara terakhir yang bisa dipertanggungjawabkan adalah USG. Bunda bisa mengetahui secara pasti usia kehamilan. Bahkan, tahu persis perkembangan janin di dalam rahim. Hal ini dikarenakan bunda bisa melihat isi dari rahim. Mulai dari terbentuknya organ tubuh, sampai jenis kelamin si kecil. Tentunya bila janin sudah memasuki usia beberapa minggu.   Cara-cara di atas bisa bunda gunakan untuk mengetahui berapa usia kandungan bunda saat ini. Dari hasil yang didapatkan, bunda bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjaganya. Baik dalam hal kebutuhan gizi, sampai penyambutan kelahiran. Jadi, cara menghitung usia kehamilan mana yang bunda gunakan?

  • Skincare Yang Afforadable Lokal Untuk Kulit Berminyak Dan Berkomedo Apa?
    Anggri Clara Maryettha Hutapea Last Update 20 Sep 2018

    Saya punya kulit yang berminyak. Kalau berjerawat bekasnya langsung menghitam dan susah untuk dihilangin. Wajah saya juga sering berkomedo putih dan hitam.

  • Sakit Perut
    Wahyudin Fajri Last Update 24 Okt 2018

    Kesehatan