KAPANLAGI NETWORK
MORE
TANYA
  1. VEMALE.COM
  2. HOME
  3. MY KIDS AND I

Cara Mengatasi Anak Pemalu Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Coba Loba Last Update 08 Nov 2018

Tidak ada yang salah dengan anak yang pemalu, hanya saja jika berlebihan maka mencari cara mengatasi anak pemalu adalah sikap yang tepat. Meskipun biasanya anak pemalu lebih mandiri dan bisa berempati tapi jika terlalu pemalu itu justru akan mempersulit anak melakukan aktivitasnya. Wajar saja mempunyai sifat pemalu, selama rasa malu itu tidak membuat anak menjadi ketakutan untuk berinteraksi.


Ciri-Ciri Anak Yang Memiliki Sifat Pemalu


Sifat malu anak biasanya hinggap pada kondisi-kondisi tertentu namun ada juga anak yang memang selalu merasa malu setiap waktu atau disebut anak pemalu. Ciri-ciri anak pemalu bisa dilihat dari kegiatan dan kehidupan sosialnya seperti berikut ini :




  1. Lebih Senang Sendirian




Anak pemalu lebih suka bermain dan melakukan aktvitas sendiri, sukar meminta bantuan dan membatasi pergaulan dengan orang lain. Hal ini karena anak tidak berani tampil didepan orang lain dan lebih nyaman untuk menyendiri. Jika sudah seperti ini, anak akan cenderung menolak ajakan orang lain untuk bergabung dan melakukan aktvitas bersama.




  1. Kurang Berani Bicara Dengan Orang Lain




Bunda mungkin pernah melihat ada anak yang mudah sekali akrab dengan orang lain. Namun ada juga anak yang takut berada di keramaian bahkan hanya sekedar berbicara. Anak yang pemalu selalu gugup dalam mengungkapkan kata-kata sehingga ia tidak sering berbicara. Mengajak anak untuk sering berkomunikasi adalah cara mengatasi anak pemalu seperti ini yang tepat.




  1. Lebih Suka Menghindari Kontak Mata




Ciri anak dengan sifat pemalu juga dapat diketahui dari keberaniannya menatap atau melakukan kontak mata dengan orang lain. Anak yang pemalu lebih suka menghindari tatapan mata orang lain, ia akan berusaha untuk menghindar dengan cara menunduk atau mengalihkan pandangan ke arah lain meskipun saat ia sedang diajak bicara dengan orang lain.




  1. Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian




Anak pemalu akan selalu menghindar dari kegiatan ataupun tempat yang membuatnya menjadi objek perhatian banyak orang. Ia lebih banyak pasif dan menolak saat diminta tampil di depan umum. Hal ini karena kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki anak sehingga ia takut melakukan suatu kesalahan saat didepan banyak orang.




  1. Cenderung Lebih Pendiam




Label anak pendiam juga seringkali diberikan kepada anak yang pemalu. Ini karena anak pemalu hanya akan berbicara seperlunya dan lebih memilih untuk menyendiri. Kecenderungan lebih pendiam ini disebabkan karena anak takut untuk berterus terang atau terbuka dengan orang lain. Sehingga anak lebih banyak diam daripada bergabung dengan temannya yang lain.


Cara Mengatasi Anak Pemalu Agar Lebih Percaya Diri


Anak yang memiliki rasa malu berlebihan akan menyebabkan potensinya sulit untuk ditunjukkan. Berbeda dengan anak yang memiliki percaya diri, ia lebih senang jika semua orang tahu atau mengapresiasi potensinya. Jadi Bunda perlu menggunakan cara melatih anak pemalu ini untuk membentuk karakter anak yang lebih percaya diri :




  1. Kenali Faktor Yang Membuat Anak Menjadi Pemalu




Sebelum mengatasi anak pemalu, ketahui lebih dulu faktor yang menyebabkan anak merasa malu. Faktor penyebab bisa berasal dari internal maupun eksternal anak, seperti faktor-faktor berikut ini :




  • Karakter bawaan sejak anak masih kecil




  • Pengaruh keadaan tertentu, seperti korban bully dan pengalaman buruk




  • Pola asuh yang keliru, dengan terlalu memanjakan anak




  • Tidak memiliki kesempatan berinteraksi atau kurang bersosialisasi




  • Orang tua yang juga pemalu membuat anak mencontoh sikap orang tuanya.




Faktor penyebab ini perlu diperhatikan dan diatasi lebih dulu agar tidak berlangsung terus menerus karena akan membuat perasaan malu anak semakin parah. Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka penanganan anak yang pemalu akan lebih mudah.




  1. Ajari Anak Untuk Berinteraksi Dengan Baik




Untuk mengatasi rasa malu anak, Bunda bisa memberikan contoh atau mengajari anak cara berinteraksi dengan baik. Anak bisa diarahkan untuk melakukan kegiatan sosial, sering berkomunikasi atau hanya menyapa orang lain.




  1. Ajak Anak Bersosialisasi




Sesekali ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan atau teman seusianya. Bunda bisa mengajak anak pergi ke kelompok bermain untuk menumbuhkan keakraban dan pengenalan dengan anak yang lain dengan bermain bersama. Suasana bermain yang menyenangkan mampu menjadi cara mengatasi anak pendiam yang sangat efektif.




  1. Latih Keterampilan Anak




Jika anak memiliki sebuah bakat maka latihlah ia hingga terampil entah dengan membuat permainan anak bersama atau semacamnya. Diharapaka lewat keterampilan yang dimilikinya anak dapat lebih percaya diri untuk muncul memperlihatkan keterampilannya dengan begitu lambat laun kepercayaan dirinya akan tumbuh sejalan dengan apresiasi yang diberikan.




  1. Berikan Pujian Saat Anak Berhasil Melakukan Sesuatu




Memberikan sebuah pujian saat anak berhasil melakukan sesuatu juga cara mengatasi anak pemalu yang perlu dilakukan. Ini akan membuat anak merasa dihargai dan mampu menyelesaikan sesuatu dengan baik. Dengan perasaan seperti ini anak tentu akan lebih percaya diri dan merasa mampu melakukan suatu hal yang lain.




  1. Jangan Menyebutnya Anak Pemalu




Anak yang sering diejek pemalu akan terus mengingat dan melabelkan dirinya sebagai seorang yang pemalu sehingga sebutan itu melekat pada benak si anak. Ini dapat mengakibatkan anak merasa tertekan dan menganggu psikologisnya sampai menyebabkan trauma yang mendalam pada jiwa anak. Jadi jangan pernah melabelkan atau menyebut anak dengan gelar anak pemalu.




  1. Jalin Komunikasi Yang Baik




Adanya komunikasi merupakan hal paling penting dalam mengatasi anak yang pemalu. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik anak akan lebih percaya diri saat berada di lingkungan sosialnya. Oleh karena itu biarkan anak untuk berkomunikasi dengan siapapun, Bunda hanya perlu menanamkan etika dan sopan santu dalam diri anak.


 


Sifat malu yang berlebihan bisa saja membuat anak kesulitan dalam meraih impiannya. Untuk itu, kenali ciri dan faktor penyebabnya agar cara mengatasi anak pemalu bisa dilakukan dengan tepat. Dengan begitu, anak akan lebih aktif dan percaya diri untuk memiliki keterampilan yang dapat membantunya mencapai impiannya.

JAWAB PERTANYAAN INI

TOPIK TERKAIT
  • Help! Anak meniru sikap buruk teman di daycarenya

    Mom, saya ibu dari seorang putri berusia 4 tahun. Sehari-hari saya menitipkan anak saya di daycare dekat kantor. Awal-awal masuk sih semua berjalan lancar. Sampai sekitar bulan November tahun lalu, ada anak baru yang masuk di daycare yang sama dengan anak saya. Anak ini, sebut saja A, ternyata suka ...

  • Anak cewek saya belum bisa bilang "R", tolong dong..

    Usianya 1,5 Tahun.. tapi belum bisa bilang "Rrr".. apa yang salah ya.. ?

  • Info sewa box bayi dong

    Mom, boleh dong corat-coret di bawah kalau punya info sewa box bayi daerah BSD yaaa ... Makasih!

  • Tempat rekreasi

    Tempat rekreasi yang enak dan murah dimalang Dmna sist yang bnyak permainan anak2

  • Rainy Days With Zwitsal

    Wah cuaca sekarang sedang tak menentu ya. Kakak yang selalu berangkat dan pulang sekolah diantar Mami, seringkali kehujanan di jalan. Batuk, pilek, alergi pun menghantui kesehatannya. Karena itu Mami selalu memakaikan helm, jaket, masker untuknya.  Memasuki musim penghujan rentan juga terhadap ...

  • Musim hujan dengan Zwitsal

    Selamat datang musim penghujan yang akan rentan cuaca yang sangat tidak bersahabat. Kita sebagai orangtua sangat wanti-wanti tentunya untuk menjaga kesehatan. Saya bunda depi dan anak saya lashira yang sekarang berusia 5 bulan. Saya mengkhawatirkan Kondisi kesehatan anak saya dong pastinya...Apalagi...

  • Rainy Days with Zwitsal

    Yes musim hujan telah tiba, Udara jadi adem tp sikecil akan rentan sekali dengan batuk pilek demam. saya sebagai ibu tentunya sll berusaha memberikan nutrisi yang baik utk si kecil dan memberikan vitamin disaat cuaca tidak menentu seperti ini. Zwitsal menjadi jawaban saya utk memberikan proteks...

  • Rainy Days With Zwitsal

    Musim penghujan is coming.. Selain ibuk worried karna cucian jadi lama keringnya, ibu worried banget karna anak anak takut terbatasi ruang geraknya untuk bermain. But im totally wrong, vanya seneng banget main hujan hujanan. Katanya kalo masa kecilnya ga main hujan hujanan,masa kecilnya ga...

  • Apakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

    pakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

  • Pengalaman Anak Bermedos

    Media sosial yang semakin berkembang saat ini,pasti juga mulai dikenal oleh anak mulai dari TK. Mulai dari instagram,twitter,facebook,youtube dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangannya,pengawasan orang tua juga semakin penting untuk membantu anak memberi edukasi dalam melakukan atau ...

MORE PLEASE