KAPANLAGI NETWORK
MORE
TANYA
  1. VEMALE.COM
  2. HOME
  3. MY KIDS AND I

Hal Ekstrim Untuk Bunda Pertimbangkan Jika Ingin Menjaga Berat Anak

Kinari Gharenesia Last Update 05 Apr 2019

Apakah Anda tahu mengenai angka obesitas yang dialami oleh anak balita di Amerika? Angkanya kian hari kian meningkat. Bahkan, pada tahun 2010, angka obesitas yang dialami oleh anak balita dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan tiga puluh tahun terakhir. Hal tersebut membuat orang tua di Amerika melakukan hal yang cukup ekstrim untuk menjaga berat badan ideal.


Tentu Bunda tidak perlu meniru semuanya. Bunda hanya perlu mengambil pelajaran. Bawasannya obesitas bisa dialami oleh anak kecil. Bukan hanya orang dewasa saja. Dan ada saatnya di mana Bunda sebagai orang tua harus tegas dan sedikit lebih keras dalam mengurus anak.


Ini sangat diperlukan jika Bunda benar-benar ingin memastikan berat badan balita terjaga. Bukankah itu yang Bunda inginkan?


Ada Kalanya Mendidik Anak Lebih Keras


Tidak hanya satu atau dua faktor saja yang menyebabkan balita mengalami obesitas. Dan faktor di setiap daerah itu berbeda-beda.


Bagaimana dengan di Indonesia? Kebanyakan balita yang mengalami kegemukan itu disebabkan oleh beberapa faktor. Dan dari faktor tersebut, ditemukanlah tips yang bisa Bunda terapkan untuk menjaga berat badan ideal balita.




  • Stop Gadget




Sulit memang bagi orang tua sekarang ini untuk menghentikan kebiasaan anak bermain gadget. Hampir semua anak balita sekarang sudah lihai dalam bermain gadget. Mereka sudah tahu juga bagaimana bermain game online.


 


Namun, bagaimanapun juga, ini harus dihentikan. Banyak anak yang akhirnya kecanduan. Ini efek buruk jangka panjangnya. Efek buruk jangka pendeknya adalah obesitas.


 


Kebanyakan anak yang sulit lepas dari gadget memiliki waktu yang sangat sedikit untuk bergerak. Jangankan olahraga, bergerak seperti berjalan ke untuk membantu merapikan rumah saja malas.


 


Hal tersebut menjadi penyumbang terbesar anak mengalami kegemukan. Oleh sebab itu, Bunda perlu lebih tegas melarang anak untuk terlalu sering bermain gadget.


 


Jangan berikan gadget. Kalaupun Bunda sudah terlanjut membelikan gadget, sita gadget tersebut. Ini jalan satu-satunya agar Bunda bisa setidaknya mengontrol anak bermain gadget.


 


Ada wifi di rumah? Sebaiknya dimatikan. Awalnya, anak mungkin akan menangis. Ia berontak. Namun, ini hanya awal saja.


 




  • Cari Alternatif




Tentu saja Bunda tidak boleh hanya melarang anak bermain tanpa memberikan alternatif lainnya. Hal yang satu ini sangat disarankan. Coba Bunda ajak anak untuk bermain di Timezone. Di sana, ada banyak sekali permainan game.


 


Memang dengan cara ini, Bunda harus keluar uang lebih banyak. Akan tetapi, coba Bunda bayangkan manfaatnya. Anak punya alternatif selain hanya berdiam diri dengan gadgetnya sepanjang hari.


 


Tentu tidak setiap hari Bunda harus mengajak anak ke Timezone. Bunda bisa jadwalkan seperti waktu weekend.


 


Selain itu, sekarang ini banyak permainan game yang membuat anak bergerak di Timezone. Setidaknya, ini menjadi permainan yang membuat anak lupa dengan permainan gadget. Anak akan lebih aktif bergerak. Dan ini adalah cara yang paling tepat untuk menjaga berat badan ideal.


 




  • Kurangi Makan Di Luar




Selain untuk berhemat, mengurangi makan di luar juga bisa membuat anak terhindar dari obesitas. Tentu tidak semua tapi bisa dikatakan kebanyakan makanan yang dijual di luar itu mengandung MSG.


 


Ada simpang siur mengenai penyebab MSG ini. Ada yang mengatakan MSG sama sekali tidak berbahaya jika takarannya tidak terlalu banyak. Namun, dari mana Bunda tahu jika makanan yang Bunda beli di luar itu mengandung MSG yang hanya sedikit?


 


Di sisi lain, ada juga yang berpendapatan sedikit pun takarannya, MSG menjadi penyebab berbagai penyakit, terutama obesitas dan kanker.


 


Anda tidak perlu terlalu ekstrim untuk mendukung yang pro atau yang kontra. Yang pasti, kurang makan di luar. Biasakan anak makan buatan Bunda sendiri. Dengan demikian, Bunda tahu persis bahan makanan sehat. Begitu juga dengan bumbu yang Bunda gunakan.


 


Yang terpenting lagi, dengan membuatkan makanan setiap hari, diharapkan anak akan kanget masakan Bunda ketika ia dewasa dan tidak lagi satu rumah dengan Bunda. Bukankah momen yang mengharukan jika anak Bunda sudah besar dan merasa kanget masakan Bunda?




  • Olahraga Setiap Hari Minggu




Beruntung sekali jika anak sudah menemukan olahraga favoritnya. Namun, kebanyakan balita usia di bawah 4 tahun belum punya olahraga favorit.


 


Daripada Bunda belikan gadget, akan lebih baik jika Bunda gunakan uang tersebut untuk membeli sepeda. Ajak anak bersepeda setiap minggu. Ini sudah cukup untuk membakar sehat dan langkah yang tepat untuk menjaga berat badan ideal anak.


Cukup tiga hal tersebut saja yang Bunda perlu lakukan. Asalkan Bunda benar-benar menerapkan tips tersebut, risiko obesitas itu bisa diturunkan atau bahkan bisa dihindari.


Tidur Anak Juga Perlu Diperhatikan


Bunda pasti sudah terlalu sering mendengar nasehat tentang pentingnya olahraga untuk balita. Katanya, olahraga cara yang paling tepat untuk mencegah obesitas.


Namun, jangan sepelekan yang satu ini, yaitu tidur yang berkualitas. Banyak balita yang sudah bergerak aktif tapi berat badannya di atas angka normal. Ternyata, ini disebabkan kualitas tidurnya yang kurang bagus.


Saat anak tidur, saat itulah tubuh melakukan proses regenerasi. Dengan demikian, orang tubuh menjadi semakin baik ketika anak terbangun. Dengan organ tubuh yang baik, maka nutrisi pun terserap lebih maksimal.


Bayangkan jika anak kurang tidur. Durasi tidurnya sangat kurang. Bagaimana proses regenerasi bisa berjalan?


 


Itulah mengapa untuk menjaga berat badan ideal, jangan hanya fokus pada makanan dan juga olahraga. Bunda juga perlu perhatikan kualitas tidur balita.


 

JAWAB PERTANYAAN INI

TOPIK TERKAIT
  • Help! Anak meniru sikap buruk teman di daycarenya

    Mom, saya ibu dari seorang putri berusia 4 tahun. Sehari-hari saya menitipkan anak saya di daycare dekat kantor. Awal-awal masuk sih semua berjalan lancar. Sampai sekitar bulan November tahun lalu, ada anak baru yang masuk di daycare yang sama dengan anak saya. Anak ini, sebut saja A, ternyata suka ...

  • Anak cewek saya belum bisa bilang "R", tolong dong..

    Usianya 1,5 Tahun.. tapi belum bisa bilang "Rrr".. apa yang salah ya.. ?

  • Info sewa box bayi dong

    Mom, boleh dong corat-coret di bawah kalau punya info sewa box bayi daerah BSD yaaa ... Makasih!

  • Tempat rekreasi

    Tempat rekreasi yang enak dan murah dimalang Dmna sist yang bnyak permainan anak2

  • Rainy Days With Zwitsal

    Wah cuaca sekarang sedang tak menentu ya. Kakak yang selalu berangkat dan pulang sekolah diantar Mami, seringkali kehujanan di jalan. Batuk, pilek, alergi pun menghantui kesehatannya. Karena itu Mami selalu memakaikan helm, jaket, masker untuknya.  Memasuki musim penghujan rentan juga terhadap ...

  • Musim hujan dengan Zwitsal

    Selamat datang musim penghujan yang akan rentan cuaca yang sangat tidak bersahabat. Kita sebagai orangtua sangat wanti-wanti tentunya untuk menjaga kesehatan. Saya bunda depi dan anak saya lashira yang sekarang berusia 5 bulan. Saya mengkhawatirkan Kondisi kesehatan anak saya dong pastinya...Apalagi...

  • Rainy Days with Zwitsal

    Yes musim hujan telah tiba, Udara jadi adem tp sikecil akan rentan sekali dengan batuk pilek demam. saya sebagai ibu tentunya sll berusaha memberikan nutrisi yang baik utk si kecil dan memberikan vitamin disaat cuaca tidak menentu seperti ini. Zwitsal menjadi jawaban saya utk memberikan proteks...

  • Rainy Days With Zwitsal

    Musim penghujan is coming.. Selain ibuk worried karna cucian jadi lama keringnya, ibu worried banget karna anak anak takut terbatasi ruang geraknya untuk bermain. But im totally wrong, vanya seneng banget main hujan hujanan. Katanya kalo masa kecilnya ga main hujan hujanan,masa kecilnya ga...

  • Apakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

    pakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

  • Pengalaman Anak Bermedos

    Media sosial yang semakin berkembang saat ini,pasti juga mulai dikenal oleh anak mulai dari TK. Mulai dari instagram,twitter,facebook,youtube dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangannya,pengawasan orang tua juga semakin penting untuk membantu anak memberi edukasi dalam melakukan atau ...

MORE PLEASE