KAPANLAGI NETWORK
MORE
TANYA
  1. VEMALE.COM
  2. HOME
  3. MY KIDS AND I

Percuma Jika Kandungan Nutrisi Susu Lengkap Tapi Ada Masalah Dengan Penyera

Kinari Gharenesia Last Update 13 Mar 2019

Bunda mungkin merasa cukup menjadi orang tua yang baik karena sudah memberikan susu yang terbaik. Setidaknya ini yang bisa Bunda pasti lakukan untuk memastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi. Karena kandungan nutrisi susu sudah mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak.


Namun, ada satu pertanyaan lagi yang perlu Bunda jawab. Apakah Bunda yakin nutrisi yang terkandung di dalam susu sudah benar-benar terserap dengan baik? Pertanyaan tersebut bisa dengan mudah Bunda jawab dengan satu cara. Lihat berat badan anak. Apakah ideal? Jika tidak ideal, ada kemungkinan kandungan nutrisi di dalam susu tidak diserap dengan baik oleh tubuh si kecil.


Lebih dari itu, bukan hanya berat badan yang ideal saja yang menjadi patokannya. Oleh sebab itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui apa tanda balita mengalami masalah dengan penyerapan nutrisi, apa penyebabnya, dan apa yang sebaiknya Bunda segera lakukan.


Tanda Balita Mengalami Masalah dengan Penyerapan Nutrisi


Paling mudah untuk dijadikan patokan adalah berat badan. Karena memang berat badan balita menentukan kesehatannya. Lihat saja jika Bunda mengajak anak untuk memeriksakan kesehatan di rumah sakit. Pasti yang dilakukan pertama kali adalah menimbang berat badan.


Akan tetapi, ketika badan anak terlihat kurus, misalnya, bisa saja ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang Bunda berikan setiap hari tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Bisa juga kemungkinan yang lain. Bunda sudah berikan susu terbaik tapi kandungan nutrisi susu tidak diserap dengan baik.


Di sisi lain, ada lho balita dengan berat badan ideal namun ada masalah dengan penyerapan nutrisi. Dokter anak menjelaskan ada banyak sekali tanda jika balita mengalami masalah penyerapan nutrisi selain berat badan yang tidak ideal.




  1. Pertumbuhan Badan Kurang Optimal




Selain berat badan, coba Bunda perhatikan perkembangan anak. Apakah sama seperti anak-anak seusianya? Lihat bagaimana pertumbuhan giginya. Perhatikan bagaimana gerakan motorik halus dan motorik kasar.


 




  1. Level Keaktifan




Secara umum, balita itu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jika diajak untuk melakuan hal yang baru, mereka sangat excited. Bahkan jika mereka memiliki mainan baru, mereka bisa berjam-jam memainkan permainan tersebut.


 


Akan tetapi, balita yang punya masalah dengan penyerapan kandungan nutrisi di susu biasanya justru lemas. Ia kurang aktif. Bisa saja ia kekurangan energi sehingga kurang aktif. Dan ini bisa saja menjadi indikasi bahwa tubuhnya tidak atau kurang bisa menyerap nutrisi dari apapun yang ia konsumsi.


 




  1. Feses




Tahukah Bunda jika feses itu menentukan kesehatan anak? Ini yang banyak orang tua kurang pahami. Bunda perhatikan saja jika anak sakit. Feses-nya biasanya berwarna hitam, padat, atau bahkan terlalu encer. Berbeda dengan anak yang sehat. Fesesnya berwarna kuning bersih dan mudah dikeluarkan.


 


Dokter anak sering mewanti-wanti agar orang tua memperhatikan bentuk feses anak. Jika terlalu padat atau terlalu encer, bisa saja itu disebabkan penyerapan nutrisi tubuh si kecil yang kurang bagus. Karena seharusnya yang dikeluarkan melalui buang air besar itu sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi sudah diproses dan disalurkan ke tubuh. Feses menjadi hasil akhir yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.


Sekarang, Bunda sudah tahu beberapa tanda penyerapan kandungan nutrisi susu yang kurang bagus selain berat badan anak tidak normal.


Penyebab Kandungan Nutrisi Tidak Diserap dengan Baik


Sebelum Bunda mencari tahu cara untuk mengatasi masalah ini, harus dicari tahu apa penyebabnya. Karena hanya dengan cara inilah Bunda akan menemukan cara yang tepat untuk mengatasi penyerapan nutrisi yang kurang bagus.


Banyak sekali faktor penyebabnya. Yang pasti, faktor kesehatan alat cerna anak menjadi yang paling utama. Itulah mengapa balita harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memastikan saluran cerna selalu dalam kondisi sehat. Karena ini menentukan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan. Dengan saluran cerna yang baik, maka kandungan nutrisi susu pun bisa diproses dengan baik.


Bisa juga penyerapan yang kurang baik ini disebabkan faktor lain. Sebut saja adanya parasit di dalam usus. Di sisi lain, ada juga kasus di mana penyerapan yang kurang baik ini disebabkan oleh penyakit seperti Celiac dan Crohn. Untuk yang satu ini, Bunda perlu membawa balita ke dokter anak untuk mendapatkan treatment khusus.


Akan tetapi, pada intinya kesehatan alat pencernaan harus dijaga. Dan ini bisa Bunda lakukan dengan cara memastikan makanan higienis dan anak mendapatkan susu terbaik yang mengandung lactobacillus. Karena kandungan inilah yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar selalu dalam kondisi baik.


Apa Yang Bisa Bunda Lakukan?


Setelah tahu apa saja faktor penyebab yang mungkin menyebabkan balita mengalami masalah penyerapan nutrisi, setidaknya ada dua hal yang Bunda perlu lakukan.


Yang pertama, fokus untuk menyehatkan sistem pencernaan anak. Pastikan Bunda berikan susu terbaik yang mengandung lactobacillus setiap hari. Lakukan secara rutin dan lihat perkembangannya.


Yang kedua, periksa ke dokter. Jika cara yang pertama sudah Bunda lakukan tapi tetap saja ada tanda bahwa balita mengalami masalah penyerapan nutrisi, segera periksakan ke dokter. Karena dikhawatirkan ada parasit di dalam tubuh. Atau jangan-jangan ada penyakit tertentu yang menyebabkan tubuh si kecil tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.


 


Yang pasti, sebagai orang tua, Bunda harus memperhatikan betul perkembangan anak. Jangan hanya merasa sudah cukup ketika setiap hari telah menyiapkan makanan bergizi dan susu yang terbaik. Karena bisa saja kandungan nutrisi susu atau yang ada di dalam makanan tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Jadi, percuma saja yang Bunda lakukan selama ini. 

JAWAB PERTANYAAN INI

TOPIK TERKAIT
  • Help! Anak meniru sikap buruk teman di daycarenya

    Mom, saya ibu dari seorang putri berusia 4 tahun. Sehari-hari saya menitipkan anak saya di daycare dekat kantor. Awal-awal masuk sih semua berjalan lancar. Sampai sekitar bulan November tahun lalu, ada anak baru yang masuk di daycare yang sama dengan anak saya. Anak ini, sebut saja A, ternyata suka ...

  • Anak cewek saya belum bisa bilang "R", tolong dong..

    Usianya 1,5 Tahun.. tapi belum bisa bilang "Rrr".. apa yang salah ya.. ?

  • Info sewa box bayi dong

    Mom, boleh dong corat-coret di bawah kalau punya info sewa box bayi daerah BSD yaaa ... Makasih!

  • Tempat rekreasi

    Tempat rekreasi yang enak dan murah dimalang Dmna sist yang bnyak permainan anak2

  • Rainy Days With Zwitsal

    Wah cuaca sekarang sedang tak menentu ya. Kakak yang selalu berangkat dan pulang sekolah diantar Mami, seringkali kehujanan di jalan. Batuk, pilek, alergi pun menghantui kesehatannya. Karena itu Mami selalu memakaikan helm, jaket, masker untuknya.  Memasuki musim penghujan rentan juga terhadap ...

  • Musim hujan dengan Zwitsal

    Selamat datang musim penghujan yang akan rentan cuaca yang sangat tidak bersahabat. Kita sebagai orangtua sangat wanti-wanti tentunya untuk menjaga kesehatan. Saya bunda depi dan anak saya lashira yang sekarang berusia 5 bulan. Saya mengkhawatirkan Kondisi kesehatan anak saya dong pastinya...Apalagi...

  • Rainy Days with Zwitsal

    Yes musim hujan telah tiba, Udara jadi adem tp sikecil akan rentan sekali dengan batuk pilek demam. saya sebagai ibu tentunya sll berusaha memberikan nutrisi yang baik utk si kecil dan memberikan vitamin disaat cuaca tidak menentu seperti ini. Zwitsal menjadi jawaban saya utk memberikan proteks...

  • Rainy Days With Zwitsal

    Musim penghujan is coming.. Selain ibuk worried karna cucian jadi lama keringnya, ibu worried banget karna anak anak takut terbatasi ruang geraknya untuk bermain. But im totally wrong, vanya seneng banget main hujan hujanan. Katanya kalo masa kecilnya ga main hujan hujanan,masa kecilnya ga...

  • Apakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

    pakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

  • Pengalaman Anak Bermedos

    Media sosial yang semakin berkembang saat ini,pasti juga mulai dikenal oleh anak mulai dari TK. Mulai dari instagram,twitter,facebook,youtube dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangannya,pengawasan orang tua juga semakin penting untuk membantu anak memberi edukasi dalam melakukan atau ...

MORE PLEASE