KAPANLAGI NETWORK
MORE
TANYA
  1. VEMALE.COM
  2. HOME
  3. MY KIDS AND I

Seperti Apa Kriteria Permainan Untuk Otak Anak Usia 1 Tahun?

Coba Loba Last Update 27 Mar 2019

Bunda tahu apa itu golden period? Ini merupakan masa keemasan anak balita. Dikatakan masa emas karena pada waktu itu otaknya memiliki potensi yang begitu cepat untuk berkembang. Butuh stimulus seperti permainan untuk otak anak agar benar-benar berkembang secara maksimal.


Sayangnya, banyak orang tua yang tidak mengerti tentang hal tersebut. Ketika membelikan mainan, mereka asal pilih. Mereka tidak mempertimbangkan apakah permainan tersebut cocok untuk dimainan balita 1 tahun atau tidak.


Memang sekarang ini mainan anak-anak sudah diberi keterangan untuk usia berapa. Serta, terkadang sudah ada label “edukatif” yang artinya mainan tersebut bagus untuk otak anak.


Namun, apakah Bunda langsung percaya begitu saja? Tentu saja tidak kan? Bunda perlu tahu seperti apa mainan untuk otak anak usia 1 tahun.


Kriteria Mainan Edukatif Yang Tepat Untuk Balita 1 Tahun


Kelihatannya sederhana. Namanya mainan edukatif ya mainan yang mengasah otak. Mainan yang membuat otak anak berkembang.


Namun, ini harus lebih dipersempit. Mainan tersebut harus bisa mengasah otak anak usia 1 tahun. Tentu saja beda dengan mainan edukatif untuk anak dewasa, bukan?


Maka dari itu, Bunda harus tahu kriterianya.




  1. Mainan Yang Bersuara




Kok bersuara? Karena saat usianya baru menginjak 1 tahun, anak baru belajar bicara. Maka dari itu, penting bagi si kecil untuk lebih sering bermainan dengan permainan untuk otak anak yang memicu anak berbicara.


 


Tidak ada cara yang efektif ketika balita belajar bicara kecuali sering mendengar. Karena pada dasarnya anak balita itu meniru. Ia menirukan suara yang ia dengarkan. Jadi, ia dengar lalu ia tirukan.


 


Pada proses tersebut, otak bekerja. Jelas kan mengapa mainan edukatif untuk anak balita 1 tahun itu mainan yang mengeluarkan suara?


 




  1. Mainan Bergambar




Tidak perlu yang muluk-muluk. Semakin banyak permainan yang bergambar, semakin berkembang otak anak. Karena dengan melihat mainan bergambar tersebut, anak tidak hanya senang tapi juga belajar. Ia mengenal berbagai jenis gambar, entah itu berupa hewan, tanaman, tumbuh-tumbuhan, dan lain sebagainya.


 


Akan lebih baik jika Bunda pilihkan mainan bergambar yang berwarna-warni. Jadi, tidak hanya belajar gambar saja, anak juga belajar membedakan warna. Ini salah satu kriteria penting permainan edukatif anak usia 1 tahun.


 




  1. Bahan Aman




Ini tak kalah penting untuk Bunda ingat. Apapun mainan eduaktif yang Bunda belikan, pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman. Contohnya mainan tersebut terbuat dari bahan busa. Boleh juga mainan tersebut terbuat dari bahan plastik asalkan plastik tersebut bebas BPA.


Setelah tahu kriteria mainan untuk perkembangan otak balita 1 tahun tersebut, Bunda bisa lebih leluasa untuk memilih mainan yang tepat.


Permainan Edukatif Murah Yang Bisa Bunda Pilih


Masih belum punya ide permainan untuk otak anak seperti apa yang sebaiknya Bunda beli? Berikut ini beberapa nama mainan edukatif untuk anak balita.




  1. Soft Block




Daya kreatif anak harus mulai diasah sejak dini. Dan ini bisa Bunda lakukan dengan cara membelikan mainan berupa soft block. Ini block dengan bentuk bermacam-macam yang bisa dipasang oleh si kecil.


 


Bukan hanya memasang. Pada saat itu, sebenarnya anak berimajinasi membuat sesuatu. Ia menggunakan block yang ada sehingga ia bisa membuat sebuah bangunan atau bentuk yang lain.


 


Bisa saja Bunda belikan block biasa yang terbuat dari plastik. Namun, pertimbangkan juga untuk membelikan block yang soft. Ini terbuat dari busa. Dengan demikian, soft block ini jauh lebih aman dibandingkan dengan block yang terbuat dari plastik atau bahkan kayu.


 




  1. Mainan Komputer




Ini bukan komputer yang digunakan oleh orang dewasa ya, melainkan komputer kecil yang jika tombolnya ditekan maka akan mengeluarkan suara. Suara yang keluar berbeda-beda. Biasanya menunjukkan angka, huruf, dengan bahasa yang berbeda. Umumnya berbahasa Indonesia dan Inggris.


 


Ini menjadi mainan untuk otak anak yang tepat karena mainan ini akan membuat anak belajar bicara. Seperti salah satu kriteria yang sudah dijelaskan sebelumnya, mainan seperti ini bisa membuat anak mendengar, menghafal, lalu menirukan kata atau kalimat yang keluar dari mainan tersebut.


 




  1. Mega Block Starter Pack




Ini seperti halnya soft block. Hanya saja, biasanya ukurannya lebih kecil. Dan bahannya dari plastik.


 


Biarkan anak menghabiskan waktu menata block di rumah. Ini akan membuat kreativitas anak terus terasah. Namun, akan lebih baik jika Bunda sebagai orang tua ikut serta dalam permainan tersebut. Ajarkan bagaimana membuat bentuk tertentu. Hidupkan imajinasinya karena inilah sebenarnya tujuan dari mainan edukatif untuk anak yang satu ini.


Nah, kira-kira sudah punya bayangan permainan edukatif seperti apa yang sebaiknya Bunda beli? Tidakk hanya tiga itu saja. Masih banyak mainan edukatif untuk balita lainnya.


Tentu bukan hanya permainan saja yang dibutuhkan oleh si kecil. Jika tujuannya agar otaknya terus berkembang maksimal, pastikan juga kebutuhan nutrisi otak terpenuhi. Berikan makanan bergizi. Tambahkan suplemen seperti susu balita terbaik.


 


Otak akan berkembang dengan lebih baik jika ada stimulus dari dalam, yaitu dari makanan dan minuman yang bergizi. Stimulus dari luar pun dibutuhkan, yaitu dari permainan untuk otak anak yang Bunda belikan. Jangan buang-buang uang hanya untuk membelikan mainan sembarangan. Ingat, anak Bunda sudah berusia 1 tahun. Bunda harus bijak ketika membelikan mainan untuk sang buah hati.


 

JAWAB PERTANYAAN INI

TOPIK TERKAIT
  • Help! Anak meniru sikap buruk teman di daycarenya

    Mom, saya ibu dari seorang putri berusia 4 tahun. Sehari-hari saya menitipkan anak saya di daycare dekat kantor. Awal-awal masuk sih semua berjalan lancar. Sampai sekitar bulan November tahun lalu, ada anak baru yang masuk di daycare yang sama dengan anak saya. Anak ini, sebut saja A, ternyata suka ...

  • Anak cewek saya belum bisa bilang "R", tolong dong..

    Usianya 1,5 Tahun.. tapi belum bisa bilang "Rrr".. apa yang salah ya.. ?

  • Info sewa box bayi dong

    Mom, boleh dong corat-coret di bawah kalau punya info sewa box bayi daerah BSD yaaa ... Makasih!

  • Tempat rekreasi

    Tempat rekreasi yang enak dan murah dimalang Dmna sist yang bnyak permainan anak2

  • Rainy Days With Zwitsal

    Wah cuaca sekarang sedang tak menentu ya. Kakak yang selalu berangkat dan pulang sekolah diantar Mami, seringkali kehujanan di jalan. Batuk, pilek, alergi pun menghantui kesehatannya. Karena itu Mami selalu memakaikan helm, jaket, masker untuknya.  Memasuki musim penghujan rentan juga terhadap ...

  • Musim hujan dengan Zwitsal

    Selamat datang musim penghujan yang akan rentan cuaca yang sangat tidak bersahabat. Kita sebagai orangtua sangat wanti-wanti tentunya untuk menjaga kesehatan. Saya bunda depi dan anak saya lashira yang sekarang berusia 5 bulan. Saya mengkhawatirkan Kondisi kesehatan anak saya dong pastinya...Apalagi...

  • Rainy Days with Zwitsal

    Yes musim hujan telah tiba, Udara jadi adem tp sikecil akan rentan sekali dengan batuk pilek demam. saya sebagai ibu tentunya sll berusaha memberikan nutrisi yang baik utk si kecil dan memberikan vitamin disaat cuaca tidak menentu seperti ini. Zwitsal menjadi jawaban saya utk memberikan proteks...

  • Rainy Days With Zwitsal

    Musim penghujan is coming.. Selain ibuk worried karna cucian jadi lama keringnya, ibu worried banget karna anak anak takut terbatasi ruang geraknya untuk bermain. But im totally wrong, vanya seneng banget main hujan hujanan. Katanya kalo masa kecilnya ga main hujan hujanan,masa kecilnya ga...

  • Apakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

    pakah cewek berbintang cancer dan aquarius akan bisa jdi psangan selamanya ???

  • Pengalaman Anak Bermedos

    Media sosial yang semakin berkembang saat ini,pasti juga mulai dikenal oleh anak mulai dari TK. Mulai dari instagram,twitter,facebook,youtube dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangannya,pengawasan orang tua juga semakin penting untuk membantu anak memberi edukasi dalam melakukan atau ...

MORE PLEASE